Hello World

J'écris parce que j'aime lire

Tempat Belajar Koding Online Terbaik

Tadinya, aku mau nulis judul “Tempat Belajar Coding Gratis” untuk artikel ini. Tapi kok kayaknya gak tepat juga karena beberapa tempat belajar bahasa pemrograman ini ada yang berbayar dan tidak semuanya full gratis. Kadang aku percaya kalo ungkapan ‘hanya Tuhan dan Google yang tahu’ itu emang benar adanya. Maksudnya, kadang hanya Tuhan yang tahu arah dan jalan kita di dunia ini. Dan Mbah Google-lah salah satu mesin pencari yang bisa membuat kita jadi lebih tahu. Jadi dalam frasa tersebut, kata tau ini memiliki 2 makna yang berbeda.

Kemampuan finansial kita emang berbeda-beda, boleh kok menggunakan bahan-bahan yang gratis dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Tapi gak ada salahnya juga untuk naik kelas, kita harus rela mengeluarkan sedikit dana untuk bisa memperoleh akses informasi lebih. Kalo kata Ki Hajar Dewantara “jer basuki mowo beo” yang bahasa Inggrisnya “there’s nothing such a free lunch”. Jadi kadang kita sesekali harus menggeser mindset kita; yang tadinya ngarah gratisan,  digeser dikit jadi bayar.

Tempat belajar koding terbaik yang ada di list ini adalah platform penyedia bahan dasar untuk mereka yang pengin belajar bahasa pemrograman tanpa peduli latar belakang. Artinya, kalo pun kamu gak tahu apa-apa tentang koding, asal punya rasa penasaran dan kemauan buat ngulik dikit, pasti bisa kok menguasai salah satu bahasa pemrograman. Minimal HTML5 lah, walaupun itu cuma bikin 1 halaman landing page.

Tapi kalo kerjaannya gak jauh dari ranah blog, kayaknya kita wajib tahu dasar tetang bahasa pemrograman biar bisa edit blog sikit sikit. Kalo aku sendiri belajar bahasa pemrograman seadanya. Maksudnya, apa yang ada di Internet ya aku makan. Dulu pengin punya cita-cita pengin jadi programmer atau hacker karena kok kayaknya keren ya punya kerjaan kaya gitu. Eh ternyata, gak gampang ya buat belajar bahasa pemrograman.

Tempat Belajar Bahasa Pemrograman Terbaik

Ada beberapa tempat belajar koding online yang selama ini jadi guru untuk belajar bahasa-bahasa pemrograman. Awalnya emang aku cari tempat belajar koding gratisan di Google, tapi Alhamdulillah Gusti Alloh kasih rizki yang berlimpah hingga akhirnya mampu buat milih tempat belajar pemrograman terbaik. Dalam catatan ini, kata ‘terbaik’ juga itu menurut aku. Kalo sampeyan, mbuh! Terbaik ini maksudnya gampang dipahami sama aku yang emang awalnya gak ada skill sama sekali di bidang bahasa pemrograman.

Kalo sampeyan gak setuju, mau menambahkan, atau cuma oret-oret di kolom komen ya silahkan. Jujur aku masih butuh banyak saran terkait bahasa pemrograman.

w3school.com

Situs ini jadi tempat pertama aku belajar koding. Cupu banget, tiap kode dan nama-namanya aku catet di buku. Manual pula! W3school ini sebenernya adalah sebuah platform belajar, tes, dan juga uji coba dengan berbagai kode HTML. Ada banyak tutorial koding yang bisa dipelajari, kaya HTML, SQL, PHP 5, Bootstrap 3, CSS, dan juga JavaScript.

gambar w3school

Jujur aja, w3school.com ini cocok buat temen-temen yang baru punya rasa ketertarikan dengan koding atau bahasa pemrograman. Di sini akan dijelaskan secara detail dan dari dasar tentang istilah-istilah koding, nama-nama bahasa pemrograman, dan juga contoh langsung pengaplikasiannya. Kita bisa belajar secara langsung menyusun kode-kode dasar bahasa pemrograman yang dipilih.

SekolahKoding.com

Ini adalah tempat belajar koding terbaik yang pernah aku coba. Dulu banget, pas pertama kali platform ini masih berbentuk forum (ya sekarang juga masih forum sih, cuma udah jauh lebih baik) dan serba gratis, Sekolah Koding jadi tempat terbaik untuk share pengalaman sesama member sekaligus tempat untuk belajar oprek bahasa pemrograman.

gambar sekolah koding

Yang paling aku suka dari Sekolah Koding adalah materi yang lengkap dan urut. Kalo kalian baru suka bahasa pemrograman dan pengin belajar, kendala utama adalah memulai. Kita pasti bingung karena gak tahu harus mulai dari mana. Nah, di Sekolah Koding ini ada fitur bernama ‘Perjalanan’ yang akan menuntun kalian belajar sebuah bahasa pemrograman dari level awal hingga membuat sebuah prototype produk. Kalian bisa memilih berbagai jenis tutorial, dari Front End, belajar JavaScript, PHP, NodeJS, Vue, Laravel, banyak deh!

Sejak adanya pembaharuan di Sekolah Koding, kini kita bisa juga lihat video-video tutorial yang lebih lengkap. Apalagi sekarang udah ada kelas Premium bulanan, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, sampai 6 bulan. Harganya mulai dari 100 ribuan sampe 300 ribuan, tergantung periode waktu. Jujur aja aku belum pernah nyoba yang premium, tapi kayaknya lebih gurih karena di sana ada banyak video tutorial yang lengkap yang bisa di-download, ada source code juga, liat aja di sini sekolah koding premium.

Oh iya, di Sekolah Koding ini juga ada Forum diskusi yang bisa bantu kalian buat eksplorasi atau tanya tentang kesulitan dalam koding yang lagi dihadapi.

WeGoDev

Nah, terakhir ini adalah tempat belajar koding yang lagi saya ulik. Namanya WeGoDev. Waktu itu iklannya lagi kenceng banget, kebetulan liat, klik, eh suka. Bayar deh 70 ribu Rupiah.

gambar wegodev

Kalo menurutku WeGoDev ini cocok buat kamu yang udah paham dasar dan pernah praktek sih. Materinya gokil soalnya! Kita langsung ditodong sama video tutorial yang lengkap dari step awal sampai akhir. Jadi dalam 1 atau 2 minggu belajar, dijamin bisa langsung bisa menguasai bahasa pemrograman yang dipilih. Pertama buka materi Web Programmer aja langsung kaget karena langsung disuruh buat toko online. *I know it is easy if you are a pro, but hey, I’m beginner so this one is cool for me*

Sayangnya, materi yang ada di WeGoDev masih dikit banget. Cuma ada Web Programmer, Framework Laravel, Dasar-Dasar Bootstrap, Be A Master Of jQuery. Mungkin karena platform ini dibuat untuk kelas Beginner ke Intermediate kali ya, jadi materi yang tersedia kurang begitu banyak kalo kamu udah ada di level Advance.

Nah, itu dia beberapa tempat belajar koding yang udah aku coba. Sebenarnya ada sih tempat kursus koding yang cespleng, namanya hacktiv8. Tapi milih bo!

Feel free to give me advice about one or two places to learn about coding, key?!

Search Terms:

  • review sekolah wegodev

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *