Hello World

J'écris parce que j'aime lire

How Gmail Saves Your Life.. or File, Both!

Aku masih suka heran sama orang yang masih pakai Yahoo! Mail. Like, seriously? Using Yahoo! Mail is not safe anymore. Jadi, kalo kamu masih pake akunemail@yahoo.com, mending babad alas aja deh, migrasi ke akunemail@gmail.com yang lebih aman.

Sayangnya, masih ada beberapa orang yang gak tau gimana cara memaksimalkan fitur-fitur yang ada di Gmail. Awalnya, Google bikin Gmail sebagai sarana bertukar pesan. Sejak awal taun 2000an, muncul istilah e-mail atau electronic mail – dimana kita bisa bertukar pesan tanpa menggunakan media surat yang pada waktu itu masih digunakan oleh lebih dari 90% penduduk bumi. Google sendiri sebenarnya bukan pioneer di segment e-mail. Waktu itu, Yahoo! masih juara di segala lini teknologi mesin pencari.

Kamu udah punya email kan? Maksudku, Gmail kan? Monggoh yang belum, sila daftar di sini. Ganti Yahoo! Mail dengan sesuatu yang jauh lebih aman untuk masa depan.

gambar gmail

Here’s How You Maximize Your Gmail Account

Sebenernya, gak ada trik khusus buat mengutak atik akun email sih. Aku cuma pengin share aja berdasarkan pengalaman liat temen-temen yang suka bingung dan lupa naruh file-file penting kaya password atau softcopy dokumen. Oke, sekarang, coba bayangkan kondisi ini:

Kamu baru aja lulus kuliah dan lagi cari kerja. Terus kamu harus apply lamaran ke berbagai perusahaan. Berhubung sekarang udah jaman edan, banyak perusahaan yang menggunakan email sebagai sarana untuk mengirim dokumen calon pekerja.

Nah, misalkan kamu lagi di kafe –nongkrong sama gebetan, dimana di saat yang bersamaan seorang teman mengirim link job vacancy sebuah bank dengan batas akhir pendaftaran malam itu juga. Dua hari sebelumnya, kamu cerita ke temen kamu itu bahwa kamu pengin kerja di bank itu. Terus, gimana dong?

We don’t know when our rejeki hits us, kan? I mean, kadang kesempatan bisa dateng kapan aja. Dan brengseknya lagi, kadang kesempatan itu dateng dengan deadline yang mepet. Kan kampret!

Alhasil, baru deh buru-buru pulang, buka laptop, cari-cari file .pdf dan scan, terus upload semua dokumen di jam-jam terakhir pendaftaran. Masih untung kalo server perusahaan itu gak ngadat – soalnya di batas-batas akhir pendaftaran banyak yang akses jadi server lemot, dan halaman susah diakses.

Repot kan?

Banyak temenku yang pas lagi enak-enak main Uno tiba-tiba ngelayap pergi karena harus upload dokumen lamaran pekerjaan, beasiswa, daftar kuliah, sampe hal-hal sepele yang ganggu keseruan.

Upload Dokumen Penting di Drive!

Sekarang udah ada yang namanya Infrastructure as a Service (IaaS). Artinya, udah ada sebuah infrastruktur yang disediakan sebagai layanan. Salah satu IaaS adalah Cloud, yakni sebuah ruang penyimpanan khusus yang bisa kita gunakan untuk  ‘menaruh’ barang-barang digital kita.

Cloud sendiri merupakan sebuah teknologi yang digambarkan sebagai sebuah awan (cloud) tempat menyimpan data-data kita di dunia maya. Sebenarnya ini kaya flashdisk atau HD External, cuma kalo pakai cloud, data kita tersimpan di server penyedia (host).

Cloud sendiri rata-rata masih gratis, meski ada yang berbayar. Biasanya, yang berbayar memiliki kapasitas ruang penyimpanan lebih gede aja dibanding yang gratis. Tapi kalau cuma pakai yang gratis aja udah cukup kok. Gak abis malah.

GAMBAR GOOGLE DRIVE

Di luar negeri sendiri, udah banyak orang yang mulai men-di-gi-ta-li-sasi ‘barang-barang’ mereka. Berhubung orang Indonesia lebih seneng perang di medsos daripada mantengin perkembangan teknologi, jadilah kita sering ketinggalan jaman edan.

Gmail sendiri memiliki salah satu fitur bernama Google Drive. Ini merupakan salah satu contoh Cloud yang emang disediakan oleh Google untuk para users-nya. GAK NANGGUNG NANGGUNG! GOOGLE DRIVE KASIH KITA GRATIS 15GB. 15GB LOH! Sayangnya, kita gak tau lupa kalo di setiap akun Gmail yang kita punya, ada 15GB space storage yang bisa kita pake buat upload semua softcopy dokumen penting, kaya Ijazah, KTP, SIM, Kartu BPJS, Piagam, Sertifikat Tanah, Buku Tabungan, Surat Nikah, sampe Surat Utang Bank hahahahahaha

Asalkan semua file itu udah di-scan atau cuma difoto, ya udah, semua data digital kita aman! Kalo mau daftar kerjaan, tinggal comot deh file-file yang kamu butuh. Kalo SIM ilang, ada tuh scan foto SIM yang bisa diprint ulang buat pengajuan permohonan kehilangan SIM *sumpah, pas ini aku ketolong banget pas SIM ilang*

Kamu juga bisa kok, bikin folder di Google Drive, jadi lebih gampang sortir dokumen penting sesuai kategori dan kebutuhan. Jadi, kalo pas kamu lagi browsing di kafe dan nemu lowongan kerja baru, kamu tinggal drop & drag file di Drive, terus klik Send. It’s done!

All Passwords Were Sent to A Friend

Sayang banget ya, literasi tentang Cloud di Indonesia tuh masih minim. Mungkin hanya sebagian orang aja yang tau bahwa di setiap akun Gmail yang mereka miliki, ada 15GB yang bisa dipakai sebagai pengganti flashdisk ataupun eksternal HD. Eh, masih jaman gak sih pake flashdisk? Kalo kamu udah nyimpan data di Drive, yakin deh lupa sama flashdisk!

Sebenernya, ada beberapa layanan Cloud lain yang gratis, kaya DropBox misalnya. Cuma, ya itu, literasi tentang dunia Cloud di Indonesia masih minim.

Oya, satu lagi cara memanfaatkan Gmail yang bisa kamu coba; menyimpan semua password akun sosmed, password email, password PayPal, password bank, nomer brankas Deposit Box, pokoknya semua hal penting yang harus kamu ingat.

Kalo aku sendiri, aku punya 1 email yang emang khusus cuma buat nyimpen data dan file penting. Kalo aku males buka Google Drive, aku cukup nulis password atau upload data digital penting, terus kirim ke email rahasia. Terus, hapus sent items. Udah, gitu tok!

Yaaa, namanya orang kan sering lupa. Otak juga punya kapasitas kali, gak semua hal bisa diinget. Jadi, mending catet semua hal-hal penting di email, terus kamu bisa kirim ke alamat email teman yang kamu percaya. kalo aku si biasanya ke pacar.

Jadi kalo pas buka Facebook atau mau pake i-banking tapi lupa password, tinggal buka email, search keyword ‘password’, ketemu deh. Gak perlu ribet atau panik telpon CS Bank atau verifikasi 2 langkah ala Facebook.

Dan setelah rutin upload dokumen penting atau catet-catet password di email, Alhamdulillah kalau emang lagi butuh data cepet atau lupa password, semuanya bisa diatasi tanpa perlu repot.

There you go!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *